Ads


» » » Mentan Beri Penghargaan Tingkat Nasional Kepada Petani, Gapoktan Berprestasi, dan Penyuluh Pertanian Teladan


Ragunan, Pasar Mingggu BeritaRayaOnline.Com,- Menteri Pertanian Suswono dalam rangkaian acara peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 68 bertempat di Auditorium Gedung F Kampus Kementerian Pertanian di Jakarta, Sabtu siang (17/8/2013),  memberikan penghargaan tingkat nasional kepada 33 orang petani berprestasi, 33 Gapoktan berprestasi, 21 kelembagaan ekonomi petani berprestasi 33 penyuluh pertanian PNS teladan, 31 penyuluh pertanian swadaya teladan, 33 THL-TB penyuluh pertanian teladan, serta 33 balai penyuluhan kecamatan berprestasi yang mewakili 33 provinsi.

Selain penghargaan tingkat nasional, tahun ini juga diberikan penghargaan bagi 9 pengelola P4S berprestasi, 3 orang widyaiswara, dan 6 orang pemenang lomba karya tulis ilmiah (KTI) inovasi teknologi bidang pertanian.

Penghargaan yang diberikan berupa, pertama, petani berprestasi, Gapoktan berprestasi penyuluh pertanian (PNS swadaya dan THL-TB penyuluh pertanian) kelembagaan ekonomi petani berprestasi dan balai penyuluhan kecamatan berprestasi berupa piagam dan hadiah tabungan masing-masing sebesar Rp 20 juta.

Kedua, widyaiswara berprestasi mendapat piagam penghargaan dan hadiah sarana pembelajaran senilai Rp 20 juta. Ketiga, pusat pelatihan pertanian perdesaan swadaya (P4S) mendapat hadiah berupa piagam dan sarana serta prasarana pelatihan senilai Rp 30 juta. Keempat, pemenang lomba karya tulis ilmiah (KTI) inovasi teknologi bidang pertanian mendapat piagam penghargaan serta hadiah dalam bentuk tabungan juara 1 sebesar Rp 15 juta, juara II sebesar Rp 12 juta, juara III sebesar Rp 10 juta,juara Harapan I sebesar Rp 8 juta, juara harapan II sebesar Rp 6 juta, dan juara harapan III sebesar Rp 4 juta.

Hal yang cukup penting pada pemberian penghargaan tahun 2013 ini adalah ditambahkannya kelembagaan ekonomi petani menjadi  salah satu kategori penerima penghargaan yang sangat tepat momentumnya karena pada 2013 ini pula ( tepatnya 9 Juli 2013) telah berhasil disahkannya Undang-Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Sehingga diharapkan dengan predikat berprestasi yang telah disandang dapat mensosialisasikan makna dari isi undang-undang tersebut di masing-masing provinsi di Indonesia.

Selanjutnya bagi para petani dan Gapoktan sebagai pelaku utama pembangunan pertanian yang berprestasi diharapkan dapat menjadi motivator bagi rekan-rekan petani lainnya dengan terus berkarya demi mewujudkan tercapainya Empat Sukses Pembangunan Pertanian. (Press Release/Lasman Simanjuntak)
Foto oleh : Humas Kementerian Pertanian


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini