Ads


» » » Untuk Mengatur Arus Mudik,Jasa Marga Bangun Posko Terpadu

Jakarta, BeritaRayaOnline.Com,- Jasa Marga menjalin kerjasama dengan petugas Korem/Koramil serta kepolisian dengan menempatkan petugas/aparat pada lokasi-lokasi di daerah yang dianggap rawan gangguan Kamtibmas. Para petugas ini ada yang ditempatkan di Pos Terpadu Jasa Marga yang terletak di Simpang Susun Dawuan (Km 66). Ada juga petugas kepolisian yang ditempatkan di Pos Pengamanan Terpadu yang lokasinya ada di Jakarta-Cikampek dan tersebar di Tempat istirahat (TI) dan TI Km 39/A. Penempatan para petugas gabungan ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat saat melintas di jalan tol.

Ir.David Wijayatno, Sekretaris Perusahaan PT.Jasa Marga (Persero) Tbk, kepada wartawan di Jakarta, kemarin, menjelaskan untuk mengatur arus mudik ini Jasa Marga juga membangun posko terpadu antara cabang Jakarta-Cikampek dan Purbaleunyi di Km 66 + 000 A jalan tol Jakarta-Cikampek dengan petugas dari Polres Karawang, Purwakarta, Brimod, dan Jasa Marga yang akan mendistribusikan kendaraan melalui Pantura tengah maupun lintas selatan.

Jasa Marga juga sudah menyiapkan 248 kendaraan operasional yang ttersebar di seluruh ruas jalan to yang dioperasikan Jasa Marga yang terdiri dari ambulans (22), derek (11), patroli jalan raya/PJR (55), kendaraan layanan jalan tol (55), dan kendaraan rescue (13). "Semua kendaraan tersebut stand by 24 jam dan siap membantu para pemakai jalan tol yang membutuhkan,"katanya.

Menurut David Wijayatno, khusus untuk wilayah Jabotabek, Jasa Marga juga menyiapkan dua unit rescue truck serba guna yang mampu melakukan evakuasi kendaraan truk yang mengalami kecelakaan/gangguan di jalan tol. Satu unit kendaraannya adalah jenis terbaru yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan pendahulunya."Pada saat mengemudi di jalan tol apalagi saat macet para pengemudi biasanya mengalami kelelahan, bahkan ngantuk atau bisa mengalami sakit. Dalam kondisi seperti ini disarankan untuk segera berhenti di tempat istirahat terdekat," kilahnya.

Di tempat istirahat (TI) dan pelayanan yang tersedia di jalan tol masyarakat tidak hanya bisa beristirahat sejenak, tetapi di beberapa tempat telah disediakan bengkel dan politeknik darurat 24 jam gratis. Penyediaan poliklinik gratis ini dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat yang melintas di jalan tol apabila mengalami gangguan kesehatan." Tidak hanya kesehatan penguna jalan tol, kami juga menyediakan  bengkel untuk bantuan memastikan kondisi kendaraan tetap dalam keadaan baik," ujarnya.

Juga tempat istirahat yang disediakan Jasa Marga sebanyak 31 tempat istirahat (TI) yang tersebar di jalan tol Jakarta-Tangerang (2), Jakarta-Cikampek (9), Jagorawi (7), Purbaleunyi (7), Palikanci (2), Semarang (2), dan Surabaya-Gempol (2)."Secara garis besar fasilitas-fasilitas di tempat istirahat ini terdiri dari restoran, warung makan, mushola, masjid, peturasan, layanan informasi dan komunikasi, tempat parkir, tempat duduk untuk istirahat, SPBU dan fasilitas lainnya,"katanya.

Jasa Marga juga tengah menjalin kerjasama dengan rumah sakit di sepanjang koridor jalan tol untuk dijadikan sebagai rujukan korban kecelakaan dan antisipasi bantuan bila ada terjadi kecelakaan dengan banyak korban. (lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini