Ads


» » PT.Jasa Marga (Persero) Tbk Berikan Penghargaan Kepada 10 Ide Sayembara Terbaik

Jakarta, BeritaRayaOnline.Com,-PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan penghargaan atau hadiah sebesar Rp 100 juta kepada 10 ide sayembara terbaik untuk solusi kemacetan jalan tol. Pemberiaan hadiah tersebut dilakukan oleh Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jakarta, Kamis pagi (4/7/2013).


"Sayembara ini bagian dari kontribusi masyarakat untuk mengatasi kemacetan di jalan tol dalam kota Jakarta," jelas Ir.Adityawarman, Direktur Utama PT.Jasa Marga (Persero). Dia bilang 10 pemenang tersebut ditetapkan dari 1.016 ide usulan yang masuk ke Jasa Marga.

Berawal dari ide Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan dalam sebuah tulisan Manufacturing Hope ke -66 dengan judul "Simpul-simpul terlalu yang akan berhadiah" serta adanya keinginan masyarakat untuk berbagi ide, PT.Jasa Marga (Persero) Tbk mengadakan sayembara guna mendapatkan solusi dalam mengurangi kemacetan di jalan tol dalam Kota Jakarta

."Dengan harapan, konsep, ide, atau gagasan yang disampaikan dapat menjadi sumbangan pemikiran untuk membantu mengurangi kemacetan, dan bermanfaat dalam meningkatkan kelancaran transportasi di ibukota Jakarta," ujar Ir.David Wijayatno, Sekretaris Perusahaan PT.Jasa Marga (Persero) Tbk.

Adapun tim juri selain dari Jasa Marga sendiri juga berasal dari instansi lain yang terkait yaitu Prof.Dr.Ir.H.Agus Sidharta dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kompol Risto Samodera dari Polda Metro Jaya, Azas Tigor Nainggolan dari Dewan Transportasi Kota Jakarta, dan I Dewa Gede Soni Aryawan, dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

."Animo masyarakat luar biasa di mana proposal yang masuk mencapai 1016 usulan yang dikirim baik lewat pos, maupun email. Setelah dilakukan seleksi dan penjurian didapatkan 10 proposal yang berhak mengikuti tahap presentasi di depan juri. Setelah juri melakukan penilaian, kesepuluh nominator inilah yang kemudian diundang pada hari ini untuk mendapatkan hadiah dari Jasa Marga yang diserahkan langsung oleh Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan," jelasnya lagi.

Sayembara ini diikuti oleh masyarakat dengan latar belakang profesi beragam. Hal tersebut terlihat dari status para pemberi usulan terbaik mulai dari dokter, pegawai negeri sipil (PNS), karyawan swasta, dan juga mahasiswa.

Berikut 10 ide terbaik yang mendapat penghargaan:
1. Arifin Azizs. Proposal usulan: menurunkan kecepatan kendaraan, memperkecil kebutuhan ruang, mempersempit jarak marka jalan, meningkatkan kapasitas jalan, memperbanyak jumlah lajur jalan.
2. Tim Perencanaan Wilayah Kota (PWK) Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Proposal usulan: Penerapan Car Sharing yang berpengaruh pada tarif yang dikenakan. Misalnya, 1 mobil berisi 1 orang terkena tarif Rp 14.000 kemudian 1 mobil berisi 2 orang terkena tarif Rp 7.000 dan 1 mobil berisi 4 orang terkena tarif Rp 3.500
3. Agus Alamsyah Yahya. Proposal usulan: Pemberian kupon diskon kepada pelanggan yang membayar pembayaran tol dengan uang pas.
4. Mukhtar Yusuf. Proposal usulan: Memindahkan posisi masuk tol menjadi sebelum persimpangan dan pintu keluar tol setelah persimpangan.
5. Heri Purwanto. Proposal usulan: Mengurangi kepadatan lalin karena efek crossing/persilangan lalu lintas, setelah gerbang pintu masuk.
6. Andika Sunandar. Proposal usulan: Kontruksi (Fisik) dengan penerapan Smart Exit Area (SEA), Solusi Sistem One Way, Solusi Teknologi yaitu penggunaan E-Toll Pass / E-Toll Card dan Smart Traffict Light System (STLS)
7. Lukman Talibo. Proposal usulan. Optimalisasi kontrol lalu lintas untuk mengurangi antrian di pintu keluar Tol Dalam Kota Jakarta.
8. Tim PWK Institut Teknologi Bandung, yang diketuai oleh Handini Praditasari. Proposal usulan: Solusi Ridesharing dan Carpooling, ridesharing dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang memungkinkan seorang pengemudi kendaraan memberikan tumpangan ke orang lain. Sedangkan Carpool merupakan salah satu jenis ridesharing yang bersifat pribadi dengan tidak kurang dari dua dan tidak lebih dari lima partisipan dalam suatu kendaraan.
9. Tim PWK Institude Teknologi Bandung yang diketuai oleh Adi Prasetyo. Proposal usulan: Papan informasi sebagai solusi dalam mengurangi kemacetan, dan layanan sms sebagai solusi dalam mengurangi kemacetan (SMS Getaway)
10. Prapanca Nugraha. Proposal usulan: Penerapan Blue Lines atau garis biru adalah pembatasan pengguna lajur jalan di tol, pengguna kendaraan pribadi melebihi penggunaan kendaraan umum di tol. Blue Lines merupakan jalur khusus kendaraan pribadi di Tol Dalam Kota Jakarta.(lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini