Ads


» » » Pramuka Pengabdi Kesehatan Berhasil Terapkan Perilaku Hidup Bersih

Jakarta,BeritaRayaOnline.Com,- Pramuka pengabdi kesehatan di dalam wadah Satuan Karya Pramuka Bakti Husada (Saka Bakti Husada) memiliki banyak tugas. Dan dalam tiga tahun terakhir, pramuka pengabdi kesehatan itu sudah berhasil menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat ke masyarakat luas.

Di Saka Bakti Husada ada 6 krida yang merupakan wadah bagi anggota Pramuka Penegak dan Pandega, yaitu Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Obat, Krida Bina Gizi, Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Dari ke-6 yang ada, menurut Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Pelaksanaan Harian Ketua, dr. H. Amoroso Katamsi, Sp.KJ.MM, yang telak terbukti kinerjanya selama beberapa tahun ini adalah Krida yang terakhir.

"Selama 3 tahun kemarin, yang sudah terbukti kinerjanya adalah menerapkan kepada masyarakat luas mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PBHS)," terang Amoroso, dalam acara `Pelantikan Penggantian Antar Waktu Pimpinan Saka Bakti Husada Masa Bakti 2011 - 2016 dan Peringatan Hari Ulang Tahun Saka Bakti ke-28`, di Auditorium Prof. Dr. C. A. Siwabessy, Kemenkes RI, Jakarta, Rabu (17/7/2013)

Amoros berharap, keseluruhan Krida yang ada dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan di bidang kesehatan agar dapat membaktikan dirinya dalam peningkatan derajat kesehatan di masyarakat luas. "Semoga Krida-krida yang ada juga, menghasilkan sesuatu yang bermakna," tambahnya.

Satuan Karya Pramuka Bakti Husada (Saka Bakti Husada) merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman serta pemberian kesempatan untuk membaktikan diri kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

Saka Bakti Husada sendiri diresmikan pada tanggal 17 Juli 1985, dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Dan kemudian dicanangkan oleh Menkes RI pada tanggal 12 November 1985 sebagai Hari Kesehatan Nasional di Magelang.

Adapun tujuan dibentuknya Saka Bakti Husada adalah untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang nantinya dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkungan sekitarnya.(lasman)



sumber berita : liputan6.com

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini