Ads


» » » Jalur Selatan Jawa Barat Siap Dilalui Arus Lalu Lintas Mudik Lebaran


Tasikmalaya, Bandung, BeritaRayaOnline.Com,-Jalur Selatan Jawa Barat  telah siap dilalui arus lalu lintas mudik Lebaran tahun ini. Jika tahun lalu hanya tersedia jalur lingkar Nagrek, Tasikmalaya, maka tahun ini ditambah jalur lingkar Gentong dapat mengurai kemacetan.

Jalur lingkar Gentong telah diujicobakan dan tidak ada kendala. Jika hari biasa dapat dilalui 20-30 ribu kendaraan maka saat arus mudik Lebaran tahun ini Lalu lintas Harian (LHR) akan mencapai dua kali lipat.

Menurut Bambang Hartadi, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV, Ditjen Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum kepada wartawan, Rabu siang (31/7/2013)  menjelaskan kualitas jalan lingkar ini tergolong baik karena saat uj icoba mampu menampungkendaraan hingga MST (Muatan Sumbu Terberat) 30 ton. Truk dengan tonase sebesar itu tidak melambat saat menanjak.

"Sebenarnya batas maksimal berdasarkan undang-undang jalan hanya MST 10 ton. Namun yang lewat sampai mencapai MST 20 ton.Kalau ikuti aturan semua kendaraan yang lewat MST 10 ton, maka umur jalan bisa awet sampai 10 tahun," jelasnya.

Sebelumnya Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak dalam kunjungan baru-baru ini ke viaduct Gentong - menghubungkan Bandung-Tasikmalaya -yang akan segera difungsikan sebelum Lebaran tahun ini guna memperlancar arus mudik mengatakan kapasitas arus mudik dan arus balik Lebaran akan ditambah dengan dibukanya jalan lingkar Gentong."Untuk tahun ini jalan viaduct Gentong akan dibuka satu lajur sehingga kapasitas lebih banyak "ucapnya.


Saat itu Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak telah memberikan instruksi agar pemasangan penerangan jalan rambu-rambu, dan pelebaran akses masuk viaduct Gentong dapat terselesaikan sebelum tiba arus mudik Lebaran. Diketahui saat ini baru terpasang 6 lampu dari 16 pasang yang direncanakan." Di Gentong hingga kini sudah diberi perkuatan-perkuatan di tebing dan pelebaran di belokkan. Namun untuk jalan akses masuk harus diperlebar untuk memudahkan masuknya kendaraan"katanya. (lasman)






eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini