Ads


» » » Jalan Lingkar Viaduct Gentong Dibuka H-7 untuk Layani Arus Mudik Lebaran


Tasikmalaya-Bandung BeritaRayaOnline- Jalan lingkar Viaduct Gentong terletak di Desa Cibahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya yang menghubungkan Bandung-Tasikmalaya sepanjang 1,2  kilometer dengan biaya konstruksi Rp 37 miliar siap dibuka H-7 untuk melayani lalu lintas arus mudik Lebaran. Semua persiapan sarana dan prasarana-termasuk rambu-rambu dan penerangan jalan- telah selesai baik yang dilakukan oleh Ditjen Bina Marga PU, Kepolisian maupun Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (DLLAJR) Provinsi Jawa Barat.

Demikian dijelaskan oleh Bambang Hartadi, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum (PU), kepada wartawan yang mengunjungi lokasi tersebut, Rabu siang  (31/7/2013)."Jalan lingkar Gentong siap dibuka H-7 untuk melayani lalu lintas arus mudik Lebaran 2013. Diperkirakan puncak arus mudik pada Jumat 2 Agustus 2013.Semuanya telah siap," katanya.

Menurut Bambang Hartadi, sebelumnya jalur Tasikmalaya-Bandung via Gentong kerapkali mengalami kemacetan akibat sempitnya jalan. Kondisi jalan juga banyak turunan , tanjakan serta tikungan tajam."Dalam pembangunan jalan lingkar ini kami sempat menghadapi kendala pembebasan tanah serta dana atau uang yang tak banyak.Namun, proyek jalan lingkar ini selesai juga dengan dana Rp 37 miliar dan panjang 1,2 kilometer.Khusus lahan yang membebaskan adalah Pemprov Jawa Barat,"ujarnya.


Jalan lingkar Getong berada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya Kecamatan Kadipaten, Provinsi Jawa Barat.Tepatnya ada di Km.Bdg 75+122-Km.Bdg 76 +332 atau sepanjang 1,2 kilometer.Kegiatan pembangunan jalan lingkar Gentong ini berjalan dari Tahun Anggaran (TA) 2011 sampai dengan 2013. Dengan perincianTA 2011 Rp 17,72 miliar, TA 2012 Rp 9,22 miliar, dan TA 2013 Rp 10,01 miliar.

Dengan kegiatan meliputi pekerjaan perkerasan jalan sepanjang 1200 meter dengan lebar jalan 7 sampai 10,5 meter. Selain itu juga pekerjaan jembatan dengan panjang 35 meter dan lebar 7 meter. Pembangunan jalan lingkar Gentong dapat mengurai arus lalu lintas menjadi satu arah, di mana untuk jalan lingkar Gentong digunakan dari arah timur menuju arah barat. Sementara untuk jalan eksisting digunakan dari arah barat menuju arah timur.(lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini