Ads


» » » Wamentan : Para Penyuluh Jangan Hanya Terpaku Pada Kegiatan di Lapangan

Lembang, BeritaRayaOnline.Com,-Wakil Menteri Pertanian, Dr. Rusman Heriawan mengatakan, sinergi yang kuat antara peneliti dengan penyuluh sangat berpengaruh pada kemajuan pertanian tanah air.

 "Bagi para penyuluh jangan hanya terpaku pada kegiatan di lapangan tetapi harus menguatkan hubungan yang baik dengan para peneliti karena beragam terobosan untuk meningkatkan produktivitas pertanian sudah dihasilkan oleh mereka. Sebaliknya, bagi para peneliti, penyuluh merupakan media yang sangat tepat untuk menyampaikan hasil penelitiannya sehingga bisa disampaikan dan dimanfaatkan  oleh para petani," kata Wamentan Rusman Heriawan  saat memberikan pengarahan kepada UPT Lingkup Kementerian Pertanian, Lembang, Jawa Barat pada sabtu (22/6/2013).
 
Menurut Wamentan,  sinergitas tersebut akan menjadi tupoksi baru bagi para peneliti dimana dengan cara ini peneliti bisa memonitor produktivitas mereka. Karena selama ini banyak penelitian yang sudah dihasilkan tetapi minim publikasinya."Nah, Balai Besar Penyuluhan Pertanian (BBPP) ini bisa menjadi media utama para peneliti untuk menguji hasil penelitianya," katanya.
 
Khusus untuk Litbang, Wamentan mengatakan bahwa ia pernah membuat terobosan hasil penelitian menggunakan komik sebagai media komunikasi efektif yang ternyata menjadi tren karena mudah dipahami. "Selama ini kita akui, Litbang menerangkan program diseminasi saja, bentuknya seperti disertasi. Ini tentu akan mempersulit pemahaman petani. Nah, sekarang dengan tren komik, maka penjelasan panjang tentang teknis pertanian bisa lebih mudah untuk dimengerti, dipahami dan dipraktekkan," tegasnya.
 
Dilanjutkan Wamentan, penguasaan bahasa lokal juga dibutuhkan untuk memudahkan pemahaman petani.  Apalagi, pemerintah hanya menentukan program dan kebijakan sementara eksekutor akhirnya adalah petani. Untuk itu, saat memberikan penjelasan kepada para petani, gunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti, jangan sedikit - sedikit menggunakan bahasa asing. "Program Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) dan Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) itu misalnya, eksekutornya adalah petani sendiri. Jadi kalau di tingkat petaninya tidak jalan, ya akan susah," tambahnya.
 
Ke depan, Wamentan berharap agar Kementerian Pertanian mendapat struktur organisasi yang terbaik. "Mari bapak - ibu kita tingkatkan kinerja hingga akhir tugas kita sehingga bisa kita ciptakan pondasi yang kuat untuk penerus kita. Obsesi saya adalah memberikan  pengetahuan yang bagus, jadi dasarnya kita siapkan, sehingga organisasi pekerjaan di lingkup kementerian bisa menjadi lebih baik," ucapnya.(dari berbagai sumber/lasman)



eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini