Ads


» » » Waduk Diponegoro untuk Antisipasi Kebutuhan Air di Kota Semarang
















 Kota Semarang, BeritaRayaOnline.Com,-Kebutuhan air di Kota Semarang akan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Untuk mengantisipasi kebutuhan tersebut,  Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana  Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum melaksanakan Ground Breaking pembangunan Waduk Diponegoro yang terletak di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang ini yang pada musim kemarau selalu mengalami kelangkaan air.

“Dari keterbatasan sumber air tersebut perlu dibangun waduk atau bendungan untuk menampung air selama musim hujan agar air yang ada di sungai tidak terbuang begitu saja,” ujar Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak dalam acara Ground Breaking Pembangunan Waduk Diponegoro, (4/6/2013), Semarang.
Manfaat dari pembangunan Waduk Diponegoro ini adalah untuk penyediaan air baku untuk laboratorium yang ada di Universitas Diponegoro, penyediaan air baku untuk Rumah Sakit Diponegoro, Laboratorium lapangan seperti pengolahan air baku; Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) , rekreasi serta untuk konservasi lingkungan.
Luas Daerah Tangkapan air dari Waduk Diponegoro adalah 10,24 Km2 dengan panjang sungai 7,52 Km, dan tipe Bendungan adalah urugan (batu dan random) berinti lempung kedap. Biaya pelaksanaan pekerjaan pembangunan Waduk Diponegoro ini didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan nilai kontrak sebesar Rp 21 milyar, pelaksana pembangunan Waduk Diponegoro adalah PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk Wilayah V dan pelaksanaan waktu pekerjaan adalah 300 hari kalender.
Hermanto dardak menambahkan dengan adanya Waduk Diponegoro diharapkan kebutuhan air baku dan kebutuhan sehari-hari untuk masyarakat setempat dan juga mahasiswa Universitas Diponegoro dapat terpenuhi dengan baik.
Turut hadir dalam acara Ground Breaking Direktur Sungai dan Pantai Pitoyo Subandrio, Rektor Universitas Diponegoro Sudharto P. Hadi, Plh. Kepala BBWS Pemali Juana Indra Bangun serta para Pejabat  di lingkungan BBWS Pemali Juana. (Puskom PU/Las)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini