Ads


» » » Konferensi Internasional La Via Campesina ke-6 Dibuka Menteri Pertanian


Jakarta, BeritaRayaOnline.Com,Konferensi internasional ke-6 Gerakan Petani se-Dunia La Via Campesina dibuka Menteri Pertanian Suswono, Minggu siang (9/6/2013) di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan dihadiri kurang lebih 2000 orang. Turut hadir dalam pembukaan ini  HS.Dillon, Utusan Khusus Presiden RI untuk Penanggulangan Kemiskinan, perwakilan FAO, IFAD, Kepala BNP2TKI, Duta Besar Zimbawe, buruh, nelayan, buruh migran, gerakan mahasiswa, gerakan lingkungan, hak azazi manusia, organisasi keagamaan NU, pimpinan, dan aktivis LSMIndonesia, serta organisasi masyarakat lainnya.

Henry Saragih, Ketua Koordinator  Internasional La Via Campesina dan sekaligus Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) dalam laporannya mengatakan konferensi yang diselengarakan 9-12 Juni 2013 merupakan agenda rutin empat tahunan yang dihadiri oleh organisasi-organisasi petani anggota La Via Campesina dari 76 negara, termasuk Serikat Petani Indonesia (SPI) sekaligus sebagai tuan rumah sekretariat penyelenggaraan konferensi. Sejak tahun 2004 Serikat Petani Indonesia telah dipercaya untuk memimpin La Via Campesina hingga saat ini.

"Ini adalah kali kedua petani di Benua Asia menjadi tuan rumah konferensi La Via Campesina. Pada tahun 2000 silam di Asia Selatan, tepatnya di Bangaluru India, La via Campesina melaksanakan konferensi internasional ketiga. Hari ini konferensi keenam kembali diselenggarakan di Indonesia, sebuah negeri yang hingga kini mayoritas penduduknya adalah kaum tani, di mana mayoritas kaum tani dalah petani perempuan dan berperan utama dalam dunia pertanian,"katanya.

Selain membahas agenda internal organisasi, konferensi ini juga membahas, menjawab, dan memperjuangkan bebagai persoalan yang dihadapi oleh buruh tani, petani kecil, nelayan, petani masyarakat adat, pemuda petani laki-laki dan perempuan."Sebagai contoh perjuangan keadilan agraria, tanah untuk penggarap dan perjuangan kekayaan alam untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat, serta perjuangan melawan revolusi hijau di perdesaan,"ucapnya. (lasman)





eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini