Ads


» » » Wakil Mentan : Kenaikan BBM Bersubsidi Tetap Ada Dampaknya Terhadap Petani

Kota Batu, Malang, BeritaRayaOnline.Com,-Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan, Kamis (13/6/2013), seusai membuka Batu Fair dan Krida Pertanian Fair 2013 di Kota Batu, Jawa Timur, mengatakan kepada wartawan, harus dipahami jika kita bicara analisis ongkos produksi, mungkin bidang pertanian itu termasuk komponen penggunaan  Bahan Bakar Minyak (BBM) yang paling kecil terutama kalau kita bicara dari segi kegiatan perekonomian.

"Bandingkan dengan kegiatan pertanian dengan kegiatan industri, atau kegiatan hotel yang banyak menggunakan listrik.Namun, kegiatan di pertanian , bukan berarti saya mengabaikan kepentingan pertanian terhadap  BBM, tetapi rasionalitas-nya adalah paling sedikit penggunaan BBM. Apa sih digunakan di pertanian, kalau ternyata BBM dinaikkan, dan berdampak langsung di bidang pertanian. Paling itu masalah mekanisasi pertanian,"ujarnya.

Kalau dulu, lanjut Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan ketika ditanya wartawan soal rencana kenaikan BBM bersubsidi dan dampaknya terhadap petani maupun bidang pertanian, praktis waktu petani menggarap tanah,menandur dan segala macam,pakai sistem manual gunakan tenaga sapi atau kerbau."Nyaris enggak ada urusan kenaikan BBM, kenaikan BBM emang gue pikirin, kata petani .Tetapi sekarang dengan mekanisasi pertanian banyak alat-alat pertanian menggunakan BBM seperti minyak solar dan sebagainya. Tentu kenaikan BBM ada dampaknya pada petani. Namun, biar bagainanapun secara relatif dampak langsung kenaikan BBM bersubsidi terhadap petani itu sangat kecil,"tegasnya.

Namun, kata Rusman, tidak boleh dilupakan adalah memperlancar akses petani untuk mendapatkan BBM bagi pertanian. ”Dampak kenaikan BBM akan terasa di berbagai bidang. Tetapi yang penting bagi petani dan nelayan adalah bukan hanya persoalan mahalnya BBM, tetapi juga akses untuk mendapatkan BBM itu,” ujarnya kepada wartawan di ruang stand pameran Batu Fair dan Krida Pertanian 2013.

Selama ini akses petani untuk mendapatkan BBM harus lewat kepolisian, kelurahan, atau SPBU. ”Perlu dipikirkan jangan setiap butuh harus lewat mekanisme seperti minta pengantar ke polisi. Mari perbaiki akses petani mendapatkan BBM,” ujarnya.

Fenomena Alam

Sementara itu pada kesempatan memberikan sambutan pada pembukaan perhelatan Batu Fair dan Krida Pertanian 2013 yang digelar  di alun-alun barat dan timur Kota Batu, Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan memuji perkembangan Kota Batu sebagai pusat pengelolaan buah-buahan dan sayur-sayuran . Hal ini akan mengantarkan pertanian sebagai sub sektor strategis dan punya peranan penting dalam pembangunan perekonomian nasional.

"Petani di Kota Batu ini sangat dominan akan lebih sejahtera .Jadi seluruh petani harus siap menghadapi akibat yang ditimbulkan oleh fenomena alam yang membuat iklim berubah-rubah. Misalnya, tiba-tiba hujan datang,tiba-tiba kemarau panjang. Hasil pemantauan BMG didapati jika saat ini adalah masuk kemarau basah. Artinya, meskipun masuk masa musim kemarau, namun juga akan dijumpai turun hujan. Musim ini bagi petani untuk peluang menghasilkan kualitas tanaman padi.Namun, musim ini justru tidak baik untuk petani buah-buahan dan sayur-sayuran,"katanya.

Oleh karena itu diharapkan petani bisa tetap mengembangkan kualitas varitas. Ada beberapa hal yang harus dilakukan para pelaku pertanian meliputi menjaga dan memperkuat kemandirian pangan, ciptakan pasar sendiri hingga di negara lain, tingkatkan karakter, soliditas dan kemampuan ekonomi tertinggi.

Sedangkan Walikota Batu Eddy Rumpoko menyebut  acara Batu Fair dan Krida Pertanian 2013 sangat tepat digelar di Kota Batu. Pasalnya, sebagian besar masyarakat di kota wisata ini bergerak di bidang pertanian yang berbasis wisata."Jika kegiatan ini berhasil digelar akan menjadi ajang promosi, karena Kota Batu adalah satu-satunya daerah otonom.Pada kegiatan ini juga dicanangkan makan buah Nnusantara dengan jargon 'apel jeruk buah nusantara lebih segar...lebih sehat',"ujarnya. (lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini