Ads


» » » Indonesia Mampu Jadi Produsen Kakao Terbesar di Dunia



 
 
Payakumbuh,BeritaRayaOnline.Com,- - Menteri Pertanian, Dr. Ir. Suswono, MMA optimis Indonesia mampu menjadi produsen kakao terbesar di dunia dengan meningkatkan produksi dan kualitas kakao yang dihasilkan.

 Demikian dikatakan Mentan saat meresmikan pabrik coklat di Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh pada Jumat (31/5/2013)
 
Menurut Mentan, saat ini posisi Indonesia masih berada di urutan ketiga di bawah Pantai Gading dan Ghana sebagai penghasil kakao dunia, namun posisi tersebut bisa bergeser ke peringkat pertama dengan memaksimalkan potensi lahan, produksi dan kualitas produk. “Dengan potensi yang ada, kita optimis bisa menjadi produsen kakao terbesar di dunia,” katanya.
 
Hingga saat ini, Indonesia memiliki kakao dengan kualitas yang baik. Bahkan kakao yang tumbuh di Payakumbuh merupakan kakao terbaik di dunia dimana ukuran buah dan bijinya besar. “Kualitas ini yang tidak dimiliki oleh negara lain,” jelas Mentan.
 
Untuk itu, secara khusus Mentan Suswono minta kepada para petani di Payakumbuh untuk memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki dengan menanam kakao. "Payakumbuh merupakan produsen kakao non perusahaan nomor satu di Indonesia,” katanya.
 
Mentan berjanji akan mendukung Payakumbuh untuk mengoptimalkan produksi dan meningkatkan nilai tambah bagi petani sehingga ke depan tidak terjadi lagi penjualan kakao dalam bentuk biji.  “Kalau bisa yang diekspor itu produk olahan kakao agar nilai tambahnya besar, kalau itu belum bisa dilakukan, minimal kakao yang sudah dipanen difermentasi terlebih dahulu baru kemudian diekspor sehingga ada nilai tambahnya dan harganya lebih mahal dibandingkan biji kakao mentah,” jelasnya.(lasman)
Sumber berita dan foto: Biro Umum dan Humas Kementan

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini