Ads


» » DMSI Berpartisipasi Dalam Kongres Minyak Sawit se-Afrika di Abidjan, Pantai Gading

Jakarta, BeritaRayaOnline.Com,-African Palm Oil Congress (APOC) 2013 merupakan acara internasional yang digelar pada 10-13 Juni 2013 di Abidjan, Pantai Gading, dengan tema Palm Oil Challenges and prospects for Development in Afrika and The World. Dalam kesempatan tersebut, Derom Bangun, selaku Ketua Umum DMSI diundang sebagai salah satu pembicara dengan judul makalah Quality Procedures and Certification of Production Processes.

Hadir dalam kongres ini utusan dan peserta dari negara-negara produsen minyak sawit seperti Liberia, Congo, Ghana, Cameroom, Benin, Nigeria, dan Afrika Sentral. Pada 12 Juni 2013 dikeluarkan suatu pernyataan tekad yang disebut "Deklarasi Abidjan" atau dalam bahasa Perancis Le Declaration d'Abidjan.

Menurut Derom Bangun, Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) kepada wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pertanian (Forwatan)  di pressroom Kementerian Pertanian di Jakarta, Jumat (21/6/2013),  deklarasi ini menyatakan kebulatan tekad negara-negara produsen sawit di Afrika untuk secara bersama-sama menghadapi semua tantangan demi meningkatkan produksi minyak sawit.

Menteri Pertanian Pantai Gading, Mamadou Sangafowa Coulibaly dalam pidato pembukaan kongres mengemukan program untuk meningkatkan produksi negaranya dari 300 ribu ton pada 2012 menjadi 600 ribu ton per tahun pada 2020. Disebutkan juga  dengan produksi tahunan 1,6 juta ton tandan buah segar (TBS) memberikan pekerjaan bagi lebih dari 2 juta orang dan berperan penting dalam mengurangi kemiskinan dan kecukupan bahan pangan.

Deklarasi Abidjan tersebut dibacakan pada sidang penutupan kongres yang dihadiri menteri pertanian Pantai Gading, Mamadou Sangafowa Coulibaly. Deklarasi ini kemudian ditandatangani utusan masing-masing negara, antara lain Wakil Menteri pertanian Liberia Dr.Charles N McClain. Setelah semua utusan negara-negara penghasil sawit Afrika selesai menendatangani, panitia meminta agar Ketua Umum DMSI, Derom Bangun naik ke panggung untuk ikut menandatangani  deklrasi tersebut dalam kapasitas sebagai saksi yang juga ikut dalam pembahasan.

Kongkres ini menghadirkan para peneliti dari Universitas Montpelier, Perancis seperti Prof Dr Jran-Paul Cristol yang menjadi pembicara utama pertama mengenai kesehatan dan nutrisi. Ketua Umum DMSI, Derom Bangun menyampaikan paparan sebagai pembicara utama ketiga mengenai proses produksi yang berkelanjutan dan sertifikasinya."Para peserta kongres ingin menyatukan kekuatan untuk membantah tuduhan bahwa minyak sawit merusak lingkungan dan menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung kardiovaskuler,"katanya. (lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini