Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kementerian PU Siapkan Program Kompensasi Kenaikan BBM

Surabaya, BeritaRayaOnline.Com,- Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menjelaskan  Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah menyiapkan sejumlah program sebagai bentuk kompensasi kepada masyarakat atas  pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM).
  
"Kami sudah siapkan program jika pembangunan infrastruktur dasar diberikan kepada Kementerian PU," katanya  dalam acara Media Gathering Forum Wartawan PU (Forwapu) di Hotel Meritus, Surabaya, Kamis malam (16/05/2013) .
  
Menteri PU merinci, program tersebut antara lain program percepatan dan perluasan pembangunan infrastruktur permukiman (P4-IP),  sistem penyediaan air minum (P4-SPAM), dan sumber daya air (P4-SDA).

Dijelaskan, dalam program P4-IP masyarakat miskin di 2.450 desa, dengan tingkat kemiskinan di atas 50 persen, akan menerima bantuan sebesar Rp 350 juta per desa.
  
Selanjutnya masyarakat miskin di 1.200 kelurahan, dengan tingkat kemiskinan di atas 40 persen, akan menerima bantuan Rp350 juta per kelurahan.
  
"Masyarakat miskin di 6.040 desa penerima program PPIP (percepatan pembangunan infrastruktur perdesaan) reguler 2013 juga akan mendapat kucuran dana sebesar Rp100 juta per desa," kata Djoko.
  
Sementara untuk program P4-SDA Kemen PU akan melakukan pembangunan serta rehabilitasi sarana dan prasarana penyedia air baku di 27 provinsi untuk masyarakat miskin di daerah rawan air.
  
Selain itu juga akan diberikan dukungan layanan irigasi dan rawa seluas 140.803 hektare serta pembangunan 111 embung di 26 provinsi untuk masyarakat miskin di perdesaan.

"Untuk masyarakat miskin yang tinggal di kampung nelayan, kami akan melakukan pembangunan pengamanan pantai dan normalisasi sungai di dua provinsi," kata menteri.


Pada kesempatan itu Menteri PU Djoko Kirmanto juga menjelaskan strategi dan kebijakan pembangunan infratsruktur pekerjaan umum sampai dengan 2014 diarahkan untuk mendukung prioritas dan pencapaian sasaran strategis nasional dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan rakyat, serta peningkatan kualitas lingkungan melalui, pertama, peningkatan konektivitas dan aksesbilitas serta memperancar arus barang dan penumpang melalui pembangunan jaan nasional (termasuk jalan tol), pembinaan jaan, jembatan daerah, peningkatan kapasitas, rehabilitasi, operasi, dan pemeliharaan jaan secara berkelanjutan.


Kedua, mendukung terwujudnya ketahanan pangan melalui pendayagunaan air untuk peningkatan fungsi dan rehabilitasi irigasi, rawa, dan tambak, termasuk pembinaan irigasi daerah.Ketiga, pembangunan berbasis masyarakat dalam meningkatkan pelayanan prasarana dan sarana dasar terutama peningkatan akses air minum yang aman, sanitasi, dan berkurangnya kawasan sesuai MDGs 2015, dukungan terhadap kawasan perbatasan, terpencil, terisolir, peningkatan tertib dan penataan bangunan serta lingkungan.


Keempat, mendorong pembangunan wilayah berbasis penataan ruang, terwujudnya tertib penataan ruang, dan peningkatan kuaiitas lingkungan dalam mendukung terwujudnya pembangunan berkelan jutan. Mendorong pelaksanaan adaptasi dan antisipasi perubahan lingkungan, pembangunan kota hijau guna mengurangi resiko makin buruknya lingkungan hidup."Mendorong pembinaan pembangunan konstruksi hijau daam mewujudkan pembangunan infrastruktur dan bangunan gedung yang ramah lingkungan, mendorong penelitian dan pengembangan bidang pekerjaan umum untuk meningkatkan rekayasa teknologi dalam mewujudkan efisiensi pelaksanaan pembangunan dan efisiensi pemanfaatan sumberdaya untuk mendukung pelaksanaan ekonomi hijau,"kata Menteri PU Djoko Kirmanto. (lasman)
Tags: , ,

author

BeritaRayaOnline.Com

0 komentar

Leave a Reply

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan BeritaRayaOnline.Com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. BeritaRayaOnline.Com akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.
BeritaRayaOnline.Com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.